Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cari Blog Ini

Translate

Kiat Menghilangkan MALAS



Malas sering dikaitkan dengan kendala utama dalam keberhasilan seseorang. Emang benar sih. Orang-orang termasyhur pun tidak mendapatkan julukan seperti itu dengan bersantai ria, namun penuh perjuangan. Nah, untuk itu perlu sekiranya saya menulis kiat mengatasi MALAS yang sudah saya terapkan bertahun-tahun (dan ini pengalaman nyata saya):

HANYA SATU KIATNYA: Lakukan segera apa yang kamu MALAS-kan

Awalnya sangat terpaksa (bukan kerja rodi lho..itu mah dipaksa), lama-kelamaan kamu bakal lupa kalo tadinya kamu malas.
Contoh di kehidupan nyata saya:
Malas Belajar
He..he jangan dikira saya ini selalu rajin belajar, ada kalanya malas nyamperin tiba-tiba. Kalo sudah seperti itu saya segera ambil buku yang malas saya pelajari, membacanya dengan mata sayup-sayup setengah tertutup (kadang mama / teman kosan mendukung untuk ninggalin belajarnya, tidur aja dulu), eh gimana mau tidur, ini barusan bangun tidur masak mau tidur lagi? Begitulah godaan malas. Karena terus memaksakan diri untuk belajar, lama-lama pegel juga belajar dengan posisi duduk terus menerus, lalu gantilah dengan posisi tengkurap (ini rawan tertidur) dan memang untuk beberapa menit bahkan beberapa jam kedepan saya terlelap, pas bangun langsung gelagapan dan langsung buka kembali buku yang tadi dipelajari, kemudian mencoba posisi berdiri sambil berjalan-jalan. Intinya, posisi belajar yang berubah-ubah bisa mengatasi kejenuhan. Alhamdulillah kiat ini berhasil, lama-kelamaan buku tersebut jadi menarik untuk dipelajari, entah ada hal-hal apa saja yang muncul yang membuat saya lupa kalo saya malas, walau kata-kata itu juga masih diucapkan...”Malasnya baca buku ini”

Malas Nyuci
Ini mah gampang banget, tinggal ngambil bahan-bahan yang saya malas sentuh (baju misalnya). Kumpulin baju-baju kotor, tuang detergen dan air. Tunggu beberapa menit (karena malas, bolehlah berjam-jam ASAL belum menimbulkan bau he..he..). Terus karena saya khawatir dengan bau yang muncul jika tidak segera dibilas, mau gak mau terjadilah proses mencuci itu walaupun kadang bertolak belakang dengan hati yang pinginnya nyantai alias pingin gak nyuci dengan realitas yang terjadi. Nah itu yang namanya malas terselubung he..he..

Malas Ibadah
Astaghfirullahal ‘adziim. Kalo ini saya atasi dengan banyak-banyak berdoa supaya ibadahnya istiqomah dan berkualitas. Sama dengan resep di atas, kalo lagi malas baca Al-Quran, ya saya mencoba untuk membacanya beberapa ayat, ajaibnya malas itu seketika lenyap perlahan-lahan sehingga semula niatnya hanya membaca beberapa ayat menjadi lebih banyak lagi. Kalo lagi malas sholat tepat waktu, ya abis azan segera memaksakan diri untuk wudhu dan sholat, walaupun terkadang abis sholat perasaan malas masih melekat, setidaknya saya sudah berupaya melawannya.
Dan banyak malas-malas lainnya yang dapat diatasi dengan cara lakukan apa yang kamu MALAS kan. Silahkan dicoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar